Gakuseishinsetsu

Pemecahan Masalah Matematika (Problem Solving in Mathematica)

Posted on: 30 Desember 2009

Masalah adalah sebuah kata yang sering terdengan oleh kita.Namun sesuatu menjadi masalah tergantung bagaimana seseorang mendapatkan masalah tersebut sesuai kemampuannya.Terkadang dalam pendidikan matematika SD ada masalah bagi kelas rendah namun bukan masalah bagi kelas tinggi.Masalah merupakan suatu konflik,hambatan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas belajaraannya di kelas.Namun masalah harus diselesaikan agar proses berpikir siswa terus berkembang.Semakin banyak siswa dapat menyelesaikan setiap permasalahan matematika,maka siswa akan kaya akan variasi dalam menyelesaikan soal-soal matematika dalam bentuk apapun
Bentuk soal matematika dalam SD berbentuk rutin atau pun tidak rutin.Contoh 3×3=9 merupakan soal rutin bagi siswa SD kelas 2 karena siswa tidak berpikir tinggi dalam menyelesaikan soal tersebut.Jika kelas 2 diberikan soal 33×33=….mungkin menjadi suatu masalah bagi siswa SD,inilah suatu bentuk soal yang tidak rutin.Sehingga kita bisa memberikan pemisahan bahwa soal yang tidak rutin merupakan masalah bagi siswa.
Jenis masalah dalam pembelajaran SD ada 4 yaitu:
1. Masalah Translasi adalah masalah yang berhubungan aktivitas sehari-hari siswa.contoh: Ade membeli permen Sugus 12 buah.Bagaimana cara Ade membagikan kepada 24 orang temannya agar semua kebagian dengan adil?
2. Masalah Aplikasi adalah masalah yang menerapkan suatu konsep,rumus matematika dalam sebuah soal-soal matematika.Contoh suatu kolam berbentuk persegipanjang yang berukuran panjang 20 meter dan lebar 10 meter.Berapa luas kolam tersebut?
3. Masalah Proses/Pola adalah masalah yang memiliki pola, keteraturan dalam penyelesainnya.Contoh: 2 4 6 8 … Berapa angka berikutnya?
4.Masalah Teka-teki adalah masalah yang sifat menerka atau dapat berupa permainan namun tetap mengacu pada konsep dalam matematika.contoh:Aku adalah anggota bilangan Asli,aku adalah bilangan perkasa,jika kelipatannku dijumlahkan angka-angkanya hasilnya adalah aku,siapakah aku?

Pemecahan masalah memerlukan strategi dalam menyelesaikannya.Kebenaran,ketepatan,keuletan dan kecepatan adalah suatu hal yang diperlukan dalam penyelesaian masalah.Keterampilan siswa dalam menyusun suatu strategi adalah suatu kemampuan yang harus dilihat oleh guru.Jawaban benar bukan standar ukur mutlak,namun proses yang lebih penting darimana siswa dapat mendapatkan jawaban tersebut.Variasi strategi yang diharapkan muncul dalam pembelajaran siswa SD.

Selesaikan soal-soal dibawah ini!
Utamakan proses dan strategi yang anda temukan.Gunakan sikap kreatif dalam menyusun jawaban matematika agar jawaban benar dapat dipeeroleh

1.Isi kesembilan kotak ajaib ini agar jumlahnya selalu sama pada setiap kolomnya.Mendatar/Horizontal.tegak/vertikal ataupun diagonal.Isi dengan angka 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9

2. Isi kesembilan lingkaran ini agar jumlahnya selalu sama pada setiap sisi tepinya dengan angka 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9

3.Suatu usaha jual beli motor memiliki 22 unit motor pada tahun 2008.Setelah dilakukan accounting ternyata motor yang terjual ada 50 motor.Apa yang terjadi?
4. 11×11=121.Buat beberapa strategi agar soal tersebut dapat diselesaikan!
5. Aku adalah sebuah bilangan.Bilangan apa saja jika bertemu dengan ku akan ketakutan.sebesar apapun nilainya pasti takut dengan ku.Karena jika dikalikan pasti nilai suatu bilangan yang lain akan bernilai aku.satuan,puluhan,ratusan,ribuan bahkan trilyunan semua akan ku musnahkan menjadi aku.Siapakah aku?

Buatlah suatu kata-kata kunci dalam pemecahan masalah matematika SD?
Dan kerjakan soal-soal di atas dengan beragam strategi.Kirim lewat email: maga170108@yahoo.co.id

SELAMAT BEKERJA

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: