Gakuseishinsetsu

RPP dan LKS IPA kelas 6 SD Memahami Ciri-ciri Khusus Tumbuhan

Posted on: 13 Januari 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetauan Alam
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi waktu : (2 x 35 menit)

A. Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus,tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan tempat hidupnya.
C. Indikator
 Memahami ciri-ciri khusus tumbuhan kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
 Memahami ciri-ciri khusus tumbuhan teratai dengan lingkungan tempat hidupnya.
 Memahami ciri-ciri khusus tumbuhan pemakan serangga dengan lingkungan tempat hidupnya.
D. Tujuan pembelajaran
 Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus dan lingkungan hidupnya.
 Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai dan lingkungan hidupnya.
 Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan pemakan serangga dan lingkungan hidupnya.
E. Materi Ajar
 Ciri-ciri khusus yang dimiliki jenis tumbuhan kaktus dan ligkungan hidupnya.
 Ciri-ciri khusus yang dimiliki jenis tumbuhan teratai dan ligkungan hidupnya.
 Ciri-ciri khusus yang dimiliki jenis tumbuhan pemakan serangga dan ligkungan hidupnya.
F. Metode Pembelajaran
 Tanya jawab
 Diskusi
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 10 menit )
 Mengkondisikan siswa kedalam situasi kegiatan pembelajaran.
 Melaksanakan apersepsi dengan mengadakan tanya jawab tentang tumbuhan yang ada disekitar lingkungannya.
 Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Menyampaikan cakupan materi dan penjelasaan kegiatan.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
 Eksplorasi
1) Siswa dalam kelompokknya mengamati tumbuhan satu persatu.
2) Siswa mencatat hasil pengamatannya pada sebuah tabel.
 Elaborasi
1) Siswa melakukan diskusi bersama kelompoknya menyimpulkan hasil pengamatannya ketika mengamati setiap jenis tumbuhan.(Setiap siswa menerima panduan berupa Lembar Kerja Siswa sebagai bahan untuk melaksanakan diskusi).
2) Siswa menuliskan kesimpulan dari hasil pengamatannya tersebut.
3) Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompokknya dalam kegiatan diskusi kelas,siswa lain menanggapinya.
4) Para siswa memajang hasil diskusi kelompoknya pada papan portofolio.
 Aplikasi
1) Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2) Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan mateeri pembelajaran.
3) Bersama-sama mencari contoh tumbuhan lain yang memiliki ciri khusus sesuai dengan lingkungan hidupnya.
3.Penutup (10 menit )
 Bersama-sama membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
 Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
 Memberikan latihan soal.
 Memberikan tugas pekerjaan rumah secara individual untuk menggambar salah satu jenis tanaman yang mempunyai ciri-ciri khusus untuk penyesuainnya dengan lingkungan. Beri warna sesuai dengan aslinya. Beri penjelasan di bawah gambar tentang ciri-ciri tumbuhan tersebut. Gambar yang paling bagus akan dipajang didinding kelas.
 Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
 Teknik Penilaian
1) Tes :
– Tertulis : pilihan ganda
– Perbuatan: kinerja dan penugasan
2) Non-tes :
– observasi (pengamatan) : penilaian sikap, minat, motivasi, dan portofolio.
 Insrumen Penilaian
1) Instrumen Penilaian kelompok
2) Instrumen Penilaian kinerja
I. Alat dan Sumber Belajar
 Alat :
– Tumbuhan kaktus,
– Tumbuhan teratai,
– Tumbuhan kantung semar,
– Lembar Kerja Siswa
 Sumber Belajar :
– Standar isi
– Buku Pelajaran IPA kelas VI
– Buku-buku perpustakaan yang menunjang

Catatan:
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

Tasikmalaya, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SDN Guru Bidang Studi IPA

………………. ………………. NIP: NIP:

LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetauan Alam
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi waktu : (2 x 35 menit)
Materi Pokok :Ciri-ciri khusus tumbuhan sesuai dengan lingkungan hidupnya

Kegiatan 1
– Alat :
1. Lembar Kegiatan Siswa
2. Alat tulis
– Bahan :
1. Tumbuhan kaktus
2. Bunga teratai
3. Tumbuhan eceng gondok
4. Tumbuhan kantung semar
5. Lup (kaca pembesar)
– Langkah Kerja:
1. Amati satu-persatu tumbuhan yang ada didepan kalian!
2. Bagaimana bentuk batang dan daun dari tumbuhan tersebut?
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
3. Dimana tempat hidupnya masing-masing tumbuhan tersebut?
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….

4. Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel dibawah ini!
No Jenis Tumbuhan Tempat Hidup Ciri Khas pada Tumbuhan
1 Kaktus
2 Teratai
3 Eceng gondok
4 Kantung semar

5. Setelah diamati dan dicatat hasilnya, diskusikan dengan temanmu adakah hubungan antara bentuk tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya?
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….

6. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan yang telah dilakukan ini?
Jadi …………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
Nilai Nama Kelompok :

Nama Siswa:

UJI KOMPETENSI
A. Plih salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus untuk mengurangi penguapan air dalam tubunya adalah…
a. Batangnya berdaging dan gemuk
b. Akarnya yang berbentuk lurus dan panjang
c. Bentuk daunnya yang kecil-kecil menyerupai duri
d. Akar dan batangnya yang berongga
2. Tumbuhan yang memiliki daun berbulu dan berengsel untuk menjebak serangga, yaitu…
a. Teratai
b. Kantung semar
c. Kaktus
d. Mawar
3. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai untuk mempercepat penguapan adalah…
a. Tangkai daun menjalar
b. Bentuk daunnya yang lebar
c. Akarnya berongga
d. Batangnya berongga
4. Tumbuhan dibawah ini memiliki ciri khusus untuk menarik perhatian mangsanya, yaitu…

a. Tangkai daun menjalar
b. Memiliki nektar
c. Daunnya berbulu dan berengsel
d. daunnya berbentuk seperti kantong dan menghasilkan nektar
5. Tumbuhan pada gambar dibawah ini memiliki batang yang berfungsi untuk…

a. Memangsa serangga
b. Membawa oksigen
c. Menarik perhatian serangga
d. Menyimpan air
B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1. Mengapa tumbuhan memiliki ciri-ciri khusus sehingga berbeda satu dengan yang lainnya?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
2. Mengapa teratai memiliki batang yang berongga?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
3. Apakah fungsi dari akar lurus dan panjang pada tumbuhan kaktus?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
4. Apakah fungsi dari lapisan lilin pada kantung semar?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
5. Apakah fungsi dari nektar pada kantung semar?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

KUNCI JAWABAN SOAL UJI KOMPETENSI
BAGIAN A :
1 C
2 B
3 B
4 B
5 D
BAGIAN B :
1. Karena disesuaikan dengan tempat hidupnya
2. Karena teratai hidup mengapung di air sehingga memerlukan rongga-rongga dalam proses pernapasannya.
3. Untuk memudahkan akar kaktus menembus tanah saat mencari sumber mata air
4. Sebagai perangkap untuk serangga
5. Sebagai pemikat serangga

PENSKORAN :

Soal bagian A = 1X5 = 5
Soal bagian B = 3X5 = 15
Total = 20
2
= 10
KRITERIA PENILAIAN
1) Format Instrumen Penilaian Kelompok
Tema/topik :
Hari /tanggal :

Kode Kelompok

Perilaku Off Task/15 menit Periode Observasi Kualitas
I II III IV V VI VII VIII IX On task Off task
I
II
III
VI

Keterangan : Setiap kotak diisi dengan nomor-nomor berikut sesuai dengan perilaku siswa dalam pembeajaran.
1=bermain sendiri 2=menunjukkan sikap malas
3=bercanda/bercakap-cakap 4=mengantuk
5=mengganggu teman 6=mempermainkan guru
7=cendrung membuat keributan 8=meninggalkan kelas
9=perilaku off task lainnya

2) Instrumen Penilaian Kinerja

Kelompok/Nama siswa : Tanggal:
No Aspek kinerja SK K C B SB
1 Menunjukan minat/inisiatif berkreativitas
2 Terlibat aktif melaksanakan kegiatan
3 Ketepatan melakukan tugas/menggunakan alat
4 Menghargai hak orang lain
5 Menunjukkan kreativitas

Keterangan : Bbuhi tanda ceklis (v) bila siswa menunjukan perilaku kinerja. Bubuhi tanda strip (-) bila siswa tidak menunjukkan perilaku kinerja.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: