Gakuseishinsetsu

Rpp Integrasi Islami

Posted on: 13 Januari 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Satuan Pendidikan        : SDN Cipatujah

Kelas/Semester            : IV/II

Alokasi Wakru :1 pertemuan (2 x 35 menit)

  1. A. Standar Kompetensi

Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.

B. Kompetensi Dasar

Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,abrasi,banjir dan longsor)

  1. C. Indikator
    1. Menjelaskan proses terjadinya hujan.
    2. Menyebutkan manfaat air hujan bagi kehidupan.
    3. Menunjukan rasa syukur atas kekuasaan Allah SWT yang telah menurunkan hujan.
    4. Membacakan do’a turun hujan.
    5. Menjelaskan dampak negatif dari air hujan.
  1. D. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat memahami proses terjadinya hujan.
    2. Siswa dapat menyebutkan manfaat air hujan.
    3. Siswa dapat mensyukuri adanya hujan.
    4. Siswa dapat menjelaskan dampak negatif dari air hujan
  1. E. Materi Pokok

Perubahan Lingkungan

  1. F. Metode
  1. Tanya jawab
  2. Demonstrasi
  3. Diskusi
  4. Ceramah

  1. G. Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
  • Guru memulai pembelajaran dengan salam pembuka,berdo’a dan mengecek kehadiran.
  • Menyampaikan materi yang akan diajarkan.
  • Mengidentifikasi pengetahuan awal siswa tentang peristiwa akibat pengaruh perubahan lingkungan fisik.
  • Guru memperlihatkan gambar tanda tanda akan turun hujan.
  • Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai proses terjadinya hujan.
  • Guru menjelaskan proses terjadinya hujan.
  • Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang manfaat air hujan.
  • Guru menjelaskan perlunya bersyukur pada Allah SWT atas turunnya hujan.
  • Guru mengajarkan do’a ketika melihat hujan.
  • Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai dampak negatif dari air hujan.
  • Guru mendemonstrasikan peristiwa erosi.
  • Siswa mengamati yang di peragakan oleh guru.
  • Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dengan teman sebangkunya.
  • Siswa menuliskan hasil pengamatan.
  • Siswa mengumpulkan tulisan hasil pengamatan.
  • Guru menyimpulkan materi pambelajaran.
  • Guru memberikan tes lisan kepada siswa
  • Guru memberikan soal tertulis kepada siswa
  • Siswa menjawab soal dari guru
  • Guru mengevaluasi jawaban siswa.
  • Salam penutup
  1. Kegiatan Inti
  1. Kegiatan akhir
  1. H. Sumber Belajar/Alat/Bahan

Sumber Belajar       : Buku paket sains untuk SD/MI kelas IV dan LKS

Alat/Bahan             :Gambar tanda tanda turun hujan dan alat peraga demonstrasi (kaleng,tanah,rumput,air)

  1. I. Penilaian

Jenis penilaian    : –    Tes  lisan

–         Tes Tulis

Bentuk penilaian:  –    pertanyaan

–         Uraian singkat

Mengetahui

Kepala Sekolah

NIP.

Guru Kelas

NIP.

Soal soal Evaluasi

A . Pertanyaan Tanya jawab

  1. Apa yang menyebabkan hujan turun ke bumi?
  2. Bagaimana proses terjadinya hujan?
  3. Sebutkan apa saja manfaat dari air hujan?
  4. Bagaimana cara kita bersyukur kepada Allah SWT karena telah menurunkan hujan?
  5. Mengapa air hujan bisa menjadi bencana?
  6. Bagaimana cara kita mangantisipasi agar hujan tidak menjadi bencana?
  7. Apa yang menyebabkan terjadinya erosi? (pertanyaan demonstrasi)

B. Tes formatif

  • Tes lisan
  1. Jelaskan proses terjadinya hujan?
  2. Sebutkan manfaat air hujan?
  3. Bacakan do’a ketika melihat hujan?
  4. Jelaskan cara kita bersyukur kepada Allah karena telah menurunkan hujan?
  5. Jelaskan proses terjadinya erosi?
  • Tes tertulis
  1. Kumpulan awan yang mengandung air dan tampak berwarna hitan disebut…..
  2. Membaca do’a ketika melihat hujan tidak lain mengharapkan agar….
  3. Hujan yang turun terus menerus akan mengakibatkan……
  4. Hujan merupakan nikmat dari Allah SWT. Ketika kita mendapatkan nikmat,maka kita harus…
  5. Pembuatan sengkedan betujuan untuk……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: